Translate Your Language Here..

Minggu, 03 Maret 2013

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan (Financial Statement) Perusahaan Jasa secara umum ada tiga macam Laporan Keuangan, yaitu:

1. Laporan Rugi-Laba (Income Statement)
2. Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)
3. Neraca (Balance Sheet)

Data yang diambil untuk menyusun Laporan Keuangan ini diambil dari Kertas Kerja (Work Sheet). Untuk Laporan Rugi-Laba datanya diambil dari kolom Perhitungan Rugi-Laba, sedangkan untuk Laporan Perubahan Modal  dan Laporan Neraca datanya diambil dari kolom Neraca.

Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang sumber penghasilan utamanya berasal dari hasil penjualan jasa. Misalnya adalah Perusahaan Jasa Laundry sumber pendapatan utamanya adalah jasa mencuci pakaian, Perusahaan Jasa Bengkel sumber pendapatan utamanya jasa perbaikan kendaraan dan lain-lain.

Jasa merupakan barang yang tidak berwujud sehingga tidak dapat dihitung secara fisik. Oleh karenanya, dalam Perusahaan Jasa tidak dihitung harga pokok penjualan dari jasa yang dijual.



Dalam Perusahaan Jasa, transaksi-transaksi yang terjadi adalah meliputi:

  • Penerimaan uang dari pemilik-pemilik perusahaan.
  • Penerimaan uang dari kreditur atau Bank saat perusahaan meminjam.
  • Pengeluaran uang untuk membeli aktiva yang dapat menghasilkan jasa, maupun membayar beban-beban untuk kegiatan perusahaan.
  • Penjualan jasa untuk memperoleh penghasilan.
  • Pembayaran hutang perusahaan kepada kreditur.
  • Pengembalian harta yang ditanamkan oleh pemilik.
Berkaitan dengan transaksi c dan d, maka hasil akhir dari semua kegiatan Perusahaan Jasa adalah berupa pendapatan jasa (fees income). Apabila pendapatan jasa tersebut dikurangi dengan beban-beban yang dikeluarkan, maka diperoleh laba bersih (net income) atau rugi bersih (nett loss).